Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Vertigo

Penyakit vertigo ini sendiri merupakan penyakit  dimana seseorang merasakan rasa pusing yang teramat sakit dan merasa dirinya atau ruangan disekitarnya seolah berputar. Perasaan ini disebabkan oleh virus, penurunan aliran darah ke otak, trauma kepala, iskemi sementara karena obat-obatan dan alkohol, migrain, dan beberapa kasusu epilepsi. Vertigo bukanlah penyakit, melainkan gejala penyakit yang penyebabnya bervariasi. Kata vertigo berasal dari bahsa yunani Vetere yang artinya berputar.

Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan bilangan hari. Vertigo bisa terjadi pada saat melakukan perjalanan jauh, naik kendaraan dijalan yang berliku. Namun terkadang vertigo hanya disebabkan oleh stres. Sebagian besar kasus vertigo tidak diketahui penyebabnya, sehingga terapi lebih banyak bersifat simtomatik dan rehabilitatif.

Gejala Penyakit Vertigo
Gejala yang muncul serasa berputar saat berbariing, berdiri, atau memutar kepala dengan cepat. Ada gangguan keseimbangan tubuh, mual dan muntah, telinga berdengung, dan ada gerakan pada bola mata.

Penderita vertigo disarankan untuk menghindari gerakan, posisi, atau beberapa substansi yang dapat menyebabkan vertigo. Saat ada tanda-tanda serangan akan terjadi, pusatkan perhatian pada sesuatu hal yang dapat mengurangi rasa pusing dan mual. Obati dengan obat antimuntah atau antivertigo.

Bagi penderita migrain maupun vertigo, sebaiknya rajinlah berolahraga dan melakukan olah pernapasan. Tariklah napas yang dalam sebanyak-banyaknya setiap pagi saat udara masih bersih. Cara ini bisa menimbulkan perasaan tenang dan menghadirkan oksigen lebih banyak ke paru-paru. Dengan demikian tubuh menjadi lebih nyaman. Dalam waktu tertentu upaya ini akan menambah kebugaran sehingga kepala tak mudah lagi mengalami gangguan.

Selain itu bersikap lebih santai dalam menghadapi hidup serta terampil dalam mengelola stres akan sangat membantu mengusir migrain dan vertigo. Akan lebih baik lagi jika segera memeriksakan diri ke dokter. Karena bisa jadi gejala yang dirasakan bukan migrain, tetapi mengarah ke stroke. Sebab gejala migrain memang mirip dengan stroke.

Penyebab Penyakit Vertigo
Penyakit ini tidak disebabkan oleh faktor keturunan, tetapi disebabkan oleh :
1. Penyakit gangguan sistem
Gangguan sistem saraf pusat yang terjadi karena beberapa penyakit seperti multiple sclerosis, kerusakan leher, tumor, atau stroke yang bisa menyebabkan munculnya vertigo.

2. Gangguan penyelihatan
Mata selain untuk melihat juga dapat membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh. Sehingga masalah yang terjadi pada penglihatan anda dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan dan memicu terjadinya penyakit vertigo.

3. Faktor lain.
Faktor lain yang dapat menjadi penyebab munculnya gejala vertigo adalah perasaan cemas akibat dari pengaruh alkohol, terhisap zat kimia yang ada di sekitar kita, berada dalam ruangan yang tertutup dan terlalu panas, dll.

4. Posisi tidur
Bantal yang digunakan untuk kepala yang terlalu rendah atau yang terlalu tinggi bisa mempengaruhi munculnya penyakit vertigo yang ada pada diri anda. Apalagi jika anda bangun tidur dan langsung berdiri dengan cepat anda akan langsung merasakan vertigo.

Cara Mengobati Penyakit Vertigo Dengan Alami
1. Posisikan kepala lebih tinggi dari badan anda saat duduk maupun berbarik. Jangan terlalu sejajar atau bahkan lebih tinggi dari badan (menunduk).
2. Angkat atau gerakkan badan, terutama bagian kepala dengan cara perlahan. Jika anda ingin berdiri dari kasur, sebaiknya anda duduk terlebih dahulu hal ini disebabkan agar gerak badan anda tidak terlalu drastis.
3. Jika vertigo anda sudah cukup parah, maka pengobatan vertigo secara alami bisa anda mulai dengan meminimalisir kegiatan yang mengharuskan anda membungkuk, misalnya saat mengangkat barang atau membasuh bagian kaki ketika mandi.
4. Yang keempat, hal yang harus anda hindari yaitu berhenti melakukan gerakkan dengan mendongakkan kepala. Perubahan posisi kepala anda berperan penting sebagai pemicu serangan sakit kepala dahsyat dari vertigo tersebut.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Vertigo"