Jaga Kesehatan Dengan Cara Tertawa

Seperti halnya menangis, tertawa juga memiliki dampak yang sangat positif bagi tubuh. Seperti kata pepatah,"tertawa adalah obat terbaik" dan ternyata itu bukan sekadar omong kosong.

Saat kita tertawa, tubuh menghasilkan gerak wajah dan suara yang dapat 'memijat' dan merelaksasi tubuh. Selain itu, banyak anggota tubuh lain yang juga ikut berperan aktif, seperti abdomen, rongga diafragma, pernapasan, kaki, dan otot-otot belakang. 

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang manfaat tertawa. Apa saja manfaatdari tertawa ? Simak saja pembahasannya dibawah ini dibawah ini 
1. Mengatasi Kesedihan
Hidup memang tidak tentu dan semua itu diluar kendali manusia, meskipun begitu manusia masih dapat mengontrol cara merekabereaksi terhasap peristiwa ini. Menanggapi kesedihan dengan tawa dapat membuat pikiran, tubuh dan jiwa tenang dan nyaman.

2. Mengurangi Stress
Hormon stress seperti epinephrine dan cortisol diketahui cenderung menurun setelah anda tertawa. hormon tersebut dapat menurunkan sistem imun tubuh, memperbesar resiko infeksi dan memperburuk kesehatan secara umum.
Stress fisik dan emosional dapat menghambat keluarnya hormon prolaktin, insulin, tiroid yang berfungsi kebalikan dari hormon epinephrine dan cortisol. Jadi, jika anda sedang stress, tidak ada salahnya membuka youtube dan lihat video-video lucu dan ringankan beban pikiran anda.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Karena tertawa dapat melancarkan sirkulasi darah dan oksigenisasi dalam darah, tertawa menjadi cara yang paling ampuh untuk memerangi penyakit jantung.

4. Melancarkan Peredaran Darah
Tertawa terbukti melancarkan peredaran darah dan meningkatkan aliran ke pembuluh darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat melebarkan endotelium, yaitu jaringan yang menyusun lapisan darah, dan memungkinkan darah mengalir lebih baik.

5. Menurunkan Gula Darah
Menurut studi, terapi dengan tertawa dapat mempengaruhi sistem neuroendokrin dan mempercepat penggunaan glukosa oleh otot yang aktif.

6. Meningkatkan Keterampilan Sosial
Menurut peneliti Inggris Downer Debbie tertawa dapat memungkinkan manusia untuk menghubungkan dan berkomunikasi satu sama lain, sehingga dapat meningkatkan keterampilan sosial mereka.

7. Setara Latihan Berat
Menurut Peneliti tertawa 100 kali setara dengan energi 15 menit pada mesin dayung. sama seperti olahraga, tertawa membuat orang cenderung mengambil nafas yang berfrekuensi cepat. hal ini dapat membantu asupan oksigen bagi tubuh.

8. Melepaskan Emosi Negatif
Melepaskan emosi negatif seperti pertengkaran dengan tertawa ternyata dapat memberikan efek psikologis yang besar. tertawa dapat melemaskan otot otot yang menyebabkan emosi terkait, sehingga dapat melepaskan emosi negatif dan melepaskan ketegangan.

9. Penghilang Rasa Sakit
Dengan tertawa, anda dapat merangsang keluarnya hormon endorphin yang membantu meningkatkan kebahagiaan dan mengatasi nyeri.

10. Menyehatkan Organ Tubuh
Saat tertawa, organ tubuh anda seperti jantung, otak dan paru-paru ikut terlibat dan ikut terangsang. karena rangsangan, organ-organ tersebut aktif dan membuat mereka rileks dan hal ini dapat memperpanjang kesehatan mereka.

11. Meningkatkan Sistem Imun
Tertawa dapat mengontrol sekresi hormon pembuat stress, tertawa juga terbukti dapat meningkatkan kadar saliva imunoglobin A, sebuah antibodi penting yang melawan bakteri dan infeksi.

12. Meningkatkan Mood
Mood dapat meningkat secara drastis setelah anda tertawa, sepert yang disebutkan diatas karena tertawa dapat meredakan stress.

13. Meningkatkan Memori
Tertawa memberi pasokan oksigen dalam jumlah banyak ke otak, hal ini dapat membantu meregenerasi ulang sel-sel otak anda.

14. Gratis
Ya, gratis! tertawa merupakan salah satu sarana pengobatan, latihan, terapi yang gratis! dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun anda berada.

15. Berumur Panjang
Tertawa dapat membuat seseorang berpikir optimis dan positif terhadap apa yang terjadi, sehingga membuat tubuh terespon dan membuat seseorang mempunyai umur panjang, terlepas dari adanya penyakit yang diderita.


0 Response to "Jaga Kesehatan Dengan Cara Tertawa"