Manfaat Mendonorkan Darah

Setiap kali anda menyumbangkan darah, anda bisa menyelamatkan hingga tiga nyawa manusia. mau tahu lagi apa saja manfaat apa lagi yang anda dapatkan ketika anda donor darah? Berikut adalah beberapa manfaat dari mendonorkan darah
1. Menjaga Kesehatan Jantung 
Menyumbangkan darah dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung Anda secara keseluruhan. Peningkatan tingkat zat besi dalam darah meningkatkan kemungkinan penyakit jantung. Secara teratur mendonorkan darah dapat mengurangi jumlah zat besi dalam darah. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung sebesar 88%. Selain itu, donor darah teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit stroke sebesar 33%. 

2. Membakar Kalori
Menyumbangkan darah secara rutin juga dapat meningkatkan kebugaran. Menyumbangkan satu kantong darah (450 ml) bisa membakar sampai 650 kcal dalam tubuh donor. 

3. Mengurangi Risiko Terkena Kanker
Donor Darah yang konsisten dapat menekan resiko penyakit kanker, termasuk hati, paru-paru, usus besar, lambung dan kanker tenggorokan. Tingkat risiko penurunan tergantung seberapa sering pendonor menyumbangkan darah mereka, tapi jangan sampai kurang dari 1 bulan sekali, karena akan membuat anda anemia.

4. Meningkatkan Produksi Sel Darah Baru 
Ketika darah diambil, tubuh si pendonor mulai beregenerasi dan mengisi darah yang hilang. Sel-sel baru diproduksi oleh sumsum dalam waktu 48 jam, dan semua sel darah merah pendonor akan kembali normal dalam waktu 1-2 bulan. Oleh karena itu, donor darah membantu tubuh untuk merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses pengisian ulang tersebut dapat membuat tubuh Anda tetap sehat dan bekerja lebih efisien. 

5. Cek Kesehatan Gratis
Sebelum mendonorkan darah, pendonor akan dites kadar HB dan tekanan darah. Darah juga diuji untuk mengecek penyakit berbahaya atau langka. Pendonor akan segera diinformasikan secara rahasia jika tes ini menunjukkan hasil yang positif. 

6. Menyelamatkan Kehidupan 
Dengan mendonorkan darah, banyak jiwa yang terselamatkan dan dapat memberikan harapan sembuh bagi orang yang hampir putus asa. Donor darah seperti memberikan pasien kesempatan hidup kedua. 

7. Memperpanjang Angka Harapan Hidup
Melakukan hal yang baik bagi orang lain adalah salah satu cara untuk hidup lebih lama. Sebuah penelitian di Health Psychology mendapati bahwa orang yang secara sukarela karena alasan sosial memiliki risiko secara signifikan mengurangi kematian empat tahun kemudian dibandingkan dengan mereka yang secara sukarela untuk diri mereka sendiri saja.

1 Response to "Manfaat Mendonorkan Darah"

dikkid said...

trims infonya, bermanfaat sekali, jadi ingin donor darah ini
download lagu