Cara Menyikat Gigi Yang Benar

Tujuan menyikat gigi adalah untuk menghilangkan atau menghambat pertumbuhan plak, membersihkan gigi dari makanan, debris dan pewarnaan, menstimulasi jaringan gusi, dan mengaplikasikan pasta gigi yang mengandung suatu bahan khusus untuk mencegah lubang gigi, penyakit periodontal, maupun mengurangi sensitivitas. Waktu menyikat gigi yang tepat adalah setiap habis makan dan sebelum tidur malam. Lamanya menyikat gigi kurang lebih 2 menit, dengan 5-10 gerakan untuk setiap bagian.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, tentunya menyikat gigi harus dilakukan dengan cara yang benar. Berikut ini cara menyikat gigi yang benar
1. Menggunakan Sikat Gigi yang Sesuai Dengan Ukuran mulut
Sikat gigi banyak dijual dalam berbagai ukuran dan kebanyakan orang tidak memperdulikan kegunaan ukuran tersebut. untuk membersihkan gigi secara benar, anda perlu menggunakan sikat gigi dengan ukuran yang tepat. Jika sikat gigi terlalu besar, maka kemungkinan gigi dan gusi anda bisa rusak, jika terlalu kecil, maka tidak akan bisa membersihkan secara maksimal.sikat gigi yang ideal adalah sikat gigi yang pas dan terasa enak dan terasa menjangkau di setiap sisi gigi.

2. Menentukan Kualitas Bulu Sikat
bulu sikat yang terbaik adalah bulu sikat yang memiliki ujung zigzag atau miring karena dapat membersihkan semua sisi gigi. hindari menggunakan sikat gigi yang keras, karena mereka dapat mengikis gigi dan menyebabkan resesi.

3.  Perhatikan Teknik Menyikat Gigi
Teknik menyikat gigi ini dirangkum dari The American Dental Association.
Sejajarkan sikat gigi pada sudut 45 derajat ke garis gusi anda
Sikatlah gigi dengan jangkauan yang pendek, dan dengan penekanan yang lembut untuk memudahkan bulu sikat membersihkan bagian dalam gigi anda.
Sikatlah gigi luar dengan gerakan bentuk spiral dan gerakan maju mundur unruk gigi bagian dalam
Setelah selesai, sikat lidah anda untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.
Jika memungkinkan setelah selesai menyikat gigi, gunakanlah obat kumur agar gigi tetap sehat dan     segar.

4. Memperhatikan Durasi Menyikat
Untuk menjaga gigi tetap sehat, American Dental Association merekomendasikan menyikat minimal dua kali sehari dan lebih baik jika tiga kali. anda harus menyikat gigi di pagi hari, sebelum tidur dan jika memungkinkan setelah makan malam. hal ini akan membantu anda menghilangkan plak dan menetralkan pH mulut anda, menjaga gigi tetap bersih dan sehat. Sikatlah gigi selama 2 menit, bagi waktu untuk menyikat menjadi empat bagian yaitu kiri atas, kanan atas, kanan bawah dan kiri bawah. 30 detik setiap bagian.

5. Menyikat Gigi Secukupnya
Jika anda menyikat gigi anda lebih dari 3 kali sehari, maka akan dapat membahayakan gigi anda. hal tersebut dapat menyebabkan resesi garis gusi serta erosi percepatan enamel gigi.

6. Memulai Dari Titik Berbeda Setiap Waktu
Ini merupakan pembenaran kesalahan umum yang sering dilakukan, untuk membersihkan gigi secara menyeluruh, direkomendasikan untuk mulai menyikat gigi di tempat yang berbeda setiap kali anda menyikat gigi. dengan cara ini, semua gigi akan mendapatkan pembersihan yang sama.

7. Membilas Sikat Gigi Setelah Digunakan
dengan membilas sikat gigi setelah digunakan mak, kita telah membebaskan bulu sikat dari bakteri dan sisa-sisa makanan yang masih menempel di sikat yang apabila tidak dibersihkan dapat menyebabkan sakit gigi dan gusi di kemudian hari. Cara terbaik untuk membersihkan sikat gigi adalah dengan cara menaruhnya dibawah keran air selama satu menit.

0 Response to "Cara Menyikat Gigi Yang Benar"