Tips Aman Berkendara Bagi Ibu Hamil

Ketika sedang hamil, wanita harus menjaga kesehatannya dan kandungannya. Saat sedang hamil juga wanita sebaiknya mengurangi aktifitas yang terlalu berat yang akan berakibat keguuran pada kehamilan. Lalu bagaimana ketika wanita tersebut sedang ingin bepergian ke suatu tempat dengan berkendara ? Berikut ini saya berikan tips-tips aman berkendara bagi ibu hamil

1. Cari posisi yang  nyaman
Karena perut ibu yang sudah membuncit, posisi kursi yang normal sedikit kurang nyaman. Baiknya, sedikit mundurkan kursi untuk memberikan kelonggaran pada perut ibu. Posisi ini juga akan melindungi ibu apabila air bag bekerja.

2. Wajib mengenakan sabuk pengaman
Jika selama ini ibu malas mengenakan sabuk pengaman, baiknya mulai gunakan sabuk pengaman untuk keselamatan. Banyak fakta kecelakaan yang mengungkapkan bahwa sabuk pengaman itu penting.

Cara menggunakan sabuk pengaman bagi ibu hamil sedikit berbeda. Yakni sabuk berada di bawah perut ibu dan melintang di panggul. Supaya tidak ada penekanan pada perut ibu.

3. Jangan terlalu lama menyetir
Jika ibu berkendara dalam jarak yang lumayan jauh, pastikan ibu menyishkan waktu untuk bersistirahat. Karena terlalu lama duduk tidak baik untuk kesehatan ibu hamil. Pergelengan kaki juga sangat rentan dengan pembengkakan kaki. Istirahat keluar dari mobil sejenak dan berjalan-jalan kecil.

4. Tambahkan bantal untuk sandaran ibu
Tambahkan bantal pada kursi agar punggung ibu lebih nyaman selama menyetir. Selain itu, ibu juga bisa menggunakan gulungan handuk.

5. Lebih baik menjadi penumpang
JIka masih memungkinkan ibu hamil untuk menjadi penumpang. Lebih baik pilih menjadi penumpang saja, ketimbang menyetir sendiri. Barisan kursi yang aman untuk ibu hamil adalah di belakang supir agar terhindar dari air bag. Nikmati perjalanan ibu hamil ya.

1 Response to "Tips Aman Berkendara Bagi Ibu Hamil"

dikkid said...

Postingan yang bermanfaat, trims ilmunya Gan..
download lagu