Faktor-faktor Penyebab Jerawat

Lazimnya orang hanya mengetahui bahwa muka yang kotor dapat menimbulkan jerawat. padahal ada banyak faktor penyebab timbulnya jerawat diantaranya faktor internal dan faktor hormonal. Untuk mencegah dan mengurangi jerawat anda harus terlebih dahulu mengetahui faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat

Berikut ini faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat
1. Faktor Hormonal
Saat menjelang datang bulan biasanya seorang wanita akan mengalami masalah jerawat diwajahnya, hal ini disebabkan karena faktor meningkatnya hormon progesteron yang menyebabkan kulit menghasilkan minyak berlebih, sehingga memicu timbulnya jerawat karena penumpukan lemak dijaringan kulit yang menyebabkan aliran darah tidak lancar dan tersumbat. Begitu pula remaja atau orang yang sedang jatuh cinta akan mudah muncul jerawat diwajahnya disebabkan meningkatnya hormon ditubuhnya.

2. Faktor Bakteri
Biasanya karena kurangnya menjaga kebersihan bakteri akan bertambah banyak dengan cara berkembang biak di kulit, yang disebut dengan p.acne, bakteri ini berkembang biak didalam kelenjar yang bernama sebaceous yang tersumbat sehingga menimbulkan iritasi didalam kulit. Pembengkakan akan terus terjadi didalam kelenjar dan kemungkinan besar akan pecah, inilah penyebab radang kulit yang menyebar di sekitanya, dan hasilnya timbulnya bekas luka karena jerawat yang membandel seperti jerawat batu yang lebih sukar diobati daripada jerawat biasa yang biasanya mudah diterapi secara medis maupun bahan-bahan alamiah.

3. Faktor Make Up
Tak bisa dipungkiri bahwa terkadang bagi kaum hawa salah memakai make up sehingga menimbulkan alergi di kulit. Pemilihan make up wajah yang benar adalah faktor kunci untuk menjaga kesehatan kulit anda. Maka pilihlah bahan kosmetik yang cocok dengan kulit anda.

4. Faktor Keturunan
Faktor keturunan atau faktor genetis sangat berpengaruh terhadap munculnya jerawat di wajah kita. Orang tua baik ayah maupun ibu yang masa mudanya terkena jerawat maka anaknya juga akan mudah terkena jerawat.

5. Faktor Stress
Faktor stress sangat penting dalam munculnya jerawat diwajah, stress/depresi dapat menyebabkan terganggunya kesehatan dan metabolisme terganggu, stress juga dapat memicu maag dan penyakit lainnya. Maka menjauhi stress dan perbanyak tertawa dapat meredakan timbulnya jerawat di wajah.

6. Faktor Jenis Kulit
Orang yang memiliki jenis kulit berminyak akan lebih mudah terserang jerawat daripada yang memiliki jenis kulit kering, hal ini karena penyumbatan akibat minyak/lemak berlebih dialiran darah jaringan kulit. Umumnya jerawat muncul bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak atau sebaceus gland penyebab tersumbatnya saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Namun tidak menutup kemungkinan jerawat juga bisa muncul bagi yang memiliki kulit kering.
Penyebab jerawat yang paling utama dan umum adalah dikarenakan faktor hormonal, minyak berlebih dan dikolaborasikan dengan faktor bakteri.
Faktor Infeksi
Komedo timbul karena adanya kotoran yang menyumbat di kulit wajah. Terkadang orang yang terkena komedo tergerak untuk mengeluarkan 'komedo' dengan cara memencet-mencetnya sehingga timbul infeksi yang akhirnya menimbulkan jerawat.

7. Faktor Lingkungan
Hidup dikota besar seperti Jakarta, Surabaya, dll tak mungkin bisa menghindar dari polusi udara baik dari kendaraan bermotor, debu, dll. Wajah yang terkena kotoran dan polusi tentu akan menimbulkan masalah di kulit wajah anda maupun tubuh anda diperparah dengan cara hidup yang tidak sehat seperti merokok, salah penggunaan kosmetik dan waktu tidur yang tidak teratur akan jelas-jelas memicu timbulnya jerawat baik di wajah maupun punggung, dada dan lengan atas seseorang.

8. Faktor Obat-Obatan
Aktivitas bakteri patogen yang meningkat bisa sebabkan timbulnya masalah jerawat dikarenakan daya tubuh seseorang itu menurun. Dan daya tubuh yang menurun ini bisa disebabkan karena mengkonsumsi obat kortikosteroid baik diminum atau oral maupun topical (oles).

Baca Juga

0 Response to "Faktor-faktor Penyebab Jerawat"