Penyebab Dan Cara Mengatasi Alergi Dingin

Kulit manusia adalah lapisan luar dari tubuh. Pada manusia, itu adalah organ terbesar dari sistem yg menutupi. Kulit memiliki beberapa lapisan jaringan ectodermal dan penjaga otot-otot yang mendasarinya, tulang, ligamen dan organ internal.

Banyak masalah terjadi pada kulit manusia, ini dikarenakan kulit adalah organ tubuh yang langsung kontak dengan benda asing (benda luar). Benda-benda asing ini dapat berupa udara, alat-alat atau pun hawa luar yang berada di lingkungan sekitar kita.

Salah satu masalah yang terjadi pada kulit adalah alergi.Alergi sendiri memiliki banyak macam antara lain alergi debu, alergi makanan, alergi dingin, alergi air, dan lain-lain. Kulit akan merasakan gatal-gatal bahkan bengkak pada kulit. Salah satu alergi yang berbahaya adalah alergi dingin.

Alergi dingin menyerang orang yang memiliki kulit sensitif terhadap rasa dingin.Alergi dingin ini muncul saat:

  • Karena musim hujan membuat pertumbuhan tungau debu rumah maupun jamur meningkat. Sehingga banyaknya bakteri di sekitar akan membuat kulit anda gatal.
  • Karena kelembaban udara di sekitar rumah meningkat. Kelembaban udara mempengaruhi kulit menjadi semakin sensitif, karena rasa dingin sangat terasa.
  • Tinggal di rumah saat cuaca dingin akan membuat alergi dingin anda kambuh.
  • Alergi dingin muncul karena daya tahan tubuh anda terpengaruh dengan cuaca yang dingin. Sehingga kulit anda akan gatal dan bengkak. Gatal dan bengkak ini terjadi karena tubuh mengeluarkan zat pelindung tubuh (histamine) secara berlebihan agar tubuh tidak merasa dingin.

Bagaimana cara mengatasi alergi dingin saat kambuh ?
1. Cobalah menggunakan uap panas.
Dengan menggunakan uap panas membantu tubuh anda lebih hangat. Sehingga suhu tubuh and akan hangat dan  keluarnya zat histamine akan berkurang serta penyebab alergi dingin juga akan hilang.

2. Anda harus tahu pemicunya.
Medium lebih pastinya anda harus konsultasi ke dokter apakah anda benar-benar alergi dingin atau alergi yang lain. Sehingga anda dapat menghindari hal-hal yang membuat alergi anda kambuh.

3. Konsumsilah makanan sehat sejak dini.
Dengan mengkonsumsi makanan sehat akan membuat daya tahan tubuh kuat dan tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

4. Gunakan pakaian yang panjang.
Guna terhindar dari alergi dingin, tubuh anda harus senantiasa merasa hangat. Oleh karena itu gunakanlah pakaian yang membuat anda hangat.

5. Gunakan cure / bedak alergi.
Jika anda mempunyai alergi dingin, usahakan selalu bawa cure / bedak alergi ke manapun, sehingga saat alergi anda kambuh anda langsung dapat memakainya.Dan mengurangi rasa bengkak, gatal karena alergi.

6. Rendamlah kaki dengan air panas.
Ketika alergi anda kambuh segeralah rendam kaki anda dengan air hangat di baskom atau pancuran air hangat di kamar mandi. Karena air hangat yang merendam kaki anda akan membuat tubuh anda lebih hangat dan mengurangi rasa gatal dan bengkak karena alergi.

1 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Alergi Dingin"