Mencegah Penyakit Saat Musim Hujan


Sekarang ini cuaca sangat sulit diprediksi, disaat hari terasa sangat pans, tiba-tiba hujan turun disertai dengan angin. Perubahan suhu yang sangat cepat inilah menyebabkan kondisi tubuh sangat rentan terkena berbagai penyakit seperti influensa, demam, dll. Pada postingan kali ini saya akan memberikan tips cara mencegah beberapa penyakit yang timbul pada saat musim hujan

Berikut ini cara pencgahan penyakit saat musim hujan
1. Pencegahan diare,
Menjaga kebersihan selokan terutama yang tersumbat dan biasanya meluap serta membawa parasit cacing dan amuba, membuang sampah pada tempatnya, membiasakan untuk mencuci tangan dan kaki sesering mungkin. Memakai  alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit yang masuk melalui kulit. Tidak membeli makanan dan minuman di sembarang tempat. Selain itu, agar selalu menyediakan oralit di rumah.

2. Batuk
Untuk mencegah batuk dan mengobati batuk perbanyak konsumsi air putih, serta mengurangi mengkonsumsi makanan yang berminyak dan pedas. Kondisi tubuh juga perlu dijaga agar batuk tidak bertambah parah dan tidak menimbulkan demam

3. Pencegahan influenza,
Karena sebagian virus inflenza menyebar lewat kontak langsung, usahakan sebelum memegang makanan mencuci tangan menggunakan sabun dan pakailah air hangat dan yang telah terbebas dari bakteri dan virus. Usahakan untuk tidak terlalu sering menyentuh bagian muka, karena biasanya virus influenza masuk ke tubuh kita lewat mata, hidung atau mulut. Selain itu, diharapkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi khususnya yang dapat menambah daya tahan tubuh yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Bisa juga mengkonsmsi berbagai jenis macam suplemen makanan yang mengandung vitamin C.  

4. Pencegahan demam berdarah,
Selalu menjaga kebersihan disekitar rumah, dengan cara membersihkan selokan, bak-bak air tadah hujan maupun kamar mandi, membuang sampah pada tempatnya, dan menyiangi kebun untuk menghindari berkembang biaknya nyamuk aedes aegepti.

Dan yang penting agar selalu menyiapkan obat-obatan di rumah untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan. Selain itu disaat musim hujan, kita juga perlu menyediakan payung, jas hujan, maupun jaket. Agar kita lebih terlindungi saat aktivitas sehari-hari di musim hujan.

Jagalah kesehatan tubuh anda hindari aktifitas terlalu lelah, hal ini sering juga menjadi salah satu faktor timbulnya penyakit. Di saat musim hujan agar selalu memperbanyak minuman yang hangat seperti teh ataupun air putih hangat.

1 Response to "Mencegah Penyakit Saat Musim Hujan"

dikkid said...

its a good n useful post, i love it
download lagu