Ingat, Tutup Mulut dengan Lengan Saat Batuk untuk Cegah Penularan TB

sampulremaja.blogspot.com - Merupakan negara keempat di dunia dalam jumlah terbanyak kasus tuberkulosis (TB). Untuk itu, diperlukan peran berbagai pihak dalam pencegahan penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini.

Menurut Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), MARS, DTM&H, DTCE, Direktur Jenderal PP dan PL Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, diperlukan peran serta perhatian masyarakat dalam membantu pemerintah mengatasi dan mengantisipasi TB. "Masyarakat juga harus mendukung dan membantu memerhatikan TB. Harus dilakukan pencegahan dari masyarakat," ujar Prof. Tjandra pada acara Simposium Nasional World TB Day 2014 'Temukan & Sembuhkan Pasien TB' yang diselenggarakan di Menara 165, Jl. TB Simatupang 
1, Jakarta Selatan.

dr Telly Kamelia, Sp.PD, FACP, FCCP, FINASIM dalam kesempatan yang sama mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran bakteri TB.

Menurutnya, penularan TB sangatlah mudah karena bakteri yang dikeluarkan saat orang yang mengidap TB terbatuk, bakterinya akan keluar dan terbawa oleh angin, hingga akhirnya sangat memudahkan penularan yang terjadi.

Lantas, bagaimana cara pencegahan yang dapat dilakukan? "Ada beberapa cara yang dapat dilakukan pasien TB dalam mencegah penularan. Pertama, pastinya kalau batuk itu harus ditutup. Yang kedua, tutupnya jangan pakai telapak tangan," ungkap dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) ini.

dr Telly menuturkan bahwa jika pasien TB menutup dengan tangan saat terbatuk, maka bakteri akan menempel di telapak tangan mereka. Nah, jika terjadi kontak langsung dengan orang lain, seperti melalui bersalaman, maka hal itu akan sangat mudah menularkan orang lain.

"Untuk mengatasinya, kalau batuk itu lebih baik ditutup menggunakan lengan. Karena bakteri tersebut tidak akan memberikan kontak langsung kepada orang lain," imbuhnya.

Selain itu, penting diperhatikan mengenai penggunaan tisu saat menutup batuk. dr Telly menekankan bahwa jangan membuang tisu sembarangan di tempat terbuka, karena hal tersebut akan memudahkan bakteri terbawa oleh angin.

"Keluarkanlah batuk dan dahak dengan benar, salah satunya di wadah tertutup. Dan setelah itu, segera cuci tangan dengan benar," saran dr Telly. thanks by detiktips


0 Response to "Ingat, Tutup Mulut dengan Lengan Saat Batuk untuk Cegah Penularan TB"