5 tips menjaga kesehatan jantung


Halo Teman-teman, apa kabar semua kali ini admin akan membahas sedikit tentang salah satu masalah kesehatan organ yang terpenting didalam tubuh mahluk hidup, organ tersebut ialah jantung. Jantung berfungsi memasok dan menyalurkan oksigen keseluruh organ dalam tubuh kita, atau dalam kata lain jantung merupakan organ vital didalam tubuh mahluk hidup.

Ketika jantung tak berfungsi dengan baik, maka kesehatan orang akan terganggu atau bermasalah. Masalah yang sering terjadi pada jantung tidak hanya disebabkan oleh faktor genetik, melainkan juga kebiasaan hidup atau gaya hidup setiap insan manusia.

Gaya hidup merupakan kebutuhan manusia yang bisa berubah rubah sesuai pergantian zaman Gaya hidup yang buruk atau kurang sehat dapat menyebabkan menurunkan kesehatan jantung, kesehatan jantung juga bisa dijaga dengan melakukan pola hidup yang sehat dan tepat



Ada beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan dalam menjaga kesehatan jantung kita sebagai berikut :
1. Olahraga
Dengan berolahraga dapat membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Pentingnya berolahraga bagi tubuh dapat di simulasikan ibarat mesin, apabila mesin tersebut tidak sering dipanaskan atau dijalankan lama lama mesin akan mengalami kerusakan dll 

begitu juga dengan tubuh manusia yang tidak pernah digunakan/digerakkan. Lambat laun, bagian-bagian dari tubuh akan mengalami kekakuan dan dapat membuat males untuk beraktivitas, karena tidak terlatih untuk terus bergerak/bekerja.

Penelitian di University of Maryland Medical Center merekomendasikan olahraga selama minimal 150 menit per minggu atau 75 menit olahraga berat per minggu. Kebiasaan ini ditengarai bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain menjaga kesehatan jantung, olahraga teratur juga bisa mencegah penyakit lainnya seperti penyakit metabolisme, kanker, masalah tulang, dan depresi. Olahraga merupakan cara termurah dan termudah, namun juga penting untuk melindungi kesehatan jantung. 

2. Makan Buah dan sayuran
Jika ingin melindungi jantung Anda, cobalah untuk menambah porsi buah dan sayur alam makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Anda juga bisa mengganti cemilan yang tak sehat dengan buah-buahan seperti jeruk, apel, dan lainnya.

3. Mengurangi kadar garam didalam masakan
Untuk menjaga kesehatan jantung, kurangi konsumsi sodium atau garam setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung potassium. Ini karena potasium bisa membantu tubuh mencegah tekanan darah tinggi dan melemaskan dinding pembuluh darah.

4. Mengurangi Stres
Situasi yang menyebabkan stres bisa membuat peningkatan tekanan darah dan memaksa produksi hormon. Tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan jantung bekerja lebih keras sehingga memicu risiko serangan jantung dan stroke.

Untuk meredakan stres, Anda bisa melakukan berbagai cara. Mulai dari melakukan meditasi, berjalan-jalan, berlibur, melakukan hobi, dan lainnya. Jangan remehkan stres, karena dampaknya yang besar pada kesehatan fisik.

5. Hindari racun
Ada banyak racun, baik alami maupun tak alami, yang bisa merusak kesehatan jantung Anda. Beberapa di antaranya adalah asap rokok, karbon disulfida, karbon monoksida, dan zat lain yang bisa mengenai Anda setiap hari. Banyak orang yang terpaksa melakukan pekerjaan di lingkungan yang beracun. Namun sebaiknya Anda berusaha menghindarinya.

baiklah, teman-teman
Itulah 5 tips yang dapat menyehatkan jantung kita. Lakukan kebiasaan tersebut untuk menjaga kesehatan jantung kita dan selalu jaga dengan pola hidup sehat agar dapat mencegah terjadinya masalah pada jantung Anda.

0 Response to "5 tips menjaga kesehatan jantung "