Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Sopan

Surat Lamaran kerja yang baik ikut andil dalam kesuksesan seseorang melamar pekerjaan. Dengan surat yang baik dan benar maka akan membuat kesan simpatik dan menarik bagi penyeleksi kerja yang memberikan kesempatan untuk lolos ke tahap selanjutnya dan ikut interview kerja.

Meskipun sebagian orang berkata ini hanya formalitas semata, tapi jangan salah lho, untuk sekelas perusahaan-perusahaan besar malah kadang surat lamaran tersebut menjadi acuan seseorang diterima atau tidaknya. Terutama untuk surat kerja yang di tulis tangan, ada tim khusus yaitu seorang grapholog yang bisa memperkirakan sifat yang seseorang miliki hanya dengan tulisannya.

Ada beberapa tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan sopan yang harus anda perhatikan agar surat lamaran yang anda buat bisa memikat hati pembacanya yaitu :

1. Tulis dengan rapih
Jika surat lamaran anda tulis tangan, gunakan kertas yang rapih tanpa ada banyak noda atau coretan di setiap sudutnya. Jangan lupa tulis dengan huruf yang jelas dan tanpa banyak kesalahan yang membuat coretan atau hapusan dengan tipe-x. Usahakan bersih tanpa ada coretan satu pun. Buat serapih mungkin.

2. Bahasa yang ringkas, padat, dan jelas
Gunakan bahasa yang ringkas, padat, jelas dan mudah dimengerti. Tidak usah bertele-tele apalagi berlebihan. Hal-hal yang bersangkutan dengan urusan pribadi gak usah di cantumkan misal : "saya melamar pekerjaan ini karena mendapat musibah dan harus membantu orangtua."

3. Kalimat yang efektif
Hindari penggunaan kalimat yang tidak efektif seperti misalnya mengulang-ulang kata, kata sambung, atau pun ejaan yang salah yang membuat surat tidak enak di baca.

4. Gunakan bahasa formal
Jangan pernah cantumkan bahasa non formal seperti "aku bikin surat ini", "karena alasan itu aku jadi pengen masuk kerja", dan sebagainya. Gunakan bahasa formal yaitu bahasa indonesia yang baik dan benar.

Dan berikut ini adalah Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Sopan :

Contoh 1 :

Kepada Yth :

Bapak / Ibu Pimpinan

Perusahaan Astra Honda Motor

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini memerlukan pegawai sebagai Karyawan. Oleh karena itu saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.

Saya tamatan SMK, belum menikah, jujur, disiplin, berpenampilan menarik, bertanggung jawab, serta dapat bekerja sama dalam tim maupun individual.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/ Ibu bersama ini turut saya lampirkan :

    Foto Copy Ijazah Terakhir 1 Lembar
    Pas Photo 4 x 6 1 Lembar
    Foto Copy KTP 1 Lembar
    Daftar Riwayat Hidup 1 Lembar

Demikianlah surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya sudilah kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Contoh 2 :

Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Mutiara Persada
Jl. Lamongrejo No 45 Lamongan
Lamongan.


Dengan hormat,

Merasa tertarik untuk bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dengan harapan dapat memberikan yang terbaik. Untuk itu, saya mengajukan surat lamaran kerja yang kiranya saya dapat diterima bekerja diperusahaan Bapak/ Ibu.

Saya adalah tipe pekerja keras, bisa bekerja sama dengan baik dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan, jujur, dapat dipercaya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah S-1.
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.

Demikianlah permohonan ini saya buat dengan sesungguhnya, besar harapan saya untuk bisa bekerja diperusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kemurahan hati Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Rahman Syahid

Nah itulah tadi Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Sopan.
Semoga bisa bermanfaat ya?


Referensi :
http://okeshared. com
http://www.beritama. com

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Sopan"