Kondisi Medis Yang Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah juga dapat ditimbulkan oleh beberapa kondisi tertentu, salah satunya kondisi medis. Pada artikel ini saya akan memberikan informasi tentang kondisi medis apa saja yang dapat menimbulkan tekanan darah rendah.

Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah
1. Kehamilan
Karena sistem peredaran darah wanita berkembang cepat selama kehamilan, maka tekanan darah cenderung menurun. Selama 24 minggu pertama kehamilan, tekanan sistolik biasanya turun 5 sampai 10 mm Hg dan tekanan diastolik sebanyak 10 sampai 15 mm Hg. Hal ini normal, dan tekanan darah biasanya kembali seperti sebelum hamil setelah  melahirkan.

2. Penyakit jantung
Beberapa kondisi jantung yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah diantaranya: detak jantung yang lambat, masalah katup jantung, serangan jantung dan gagal jantung.

3. Masalah endokrin (hormon)
Tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme) atau tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Selain itu, kondisi lain, seperti insufisiensi adrenal (penyakit Addison), gula darah rendah (hipoglikemia) dan dalam beberapa kasus, diabetes, dapat memicu tekanan darah rendah.

4. Dehidrasi
Ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan. Bahkan dehidrasi ringan dapat menyebabkan kelemahan, pusing dan kelelahan. Demam, muntah, diare berat, terlalu sering menggunakan diuretik dan olahraga berat semua bisa menyebabkan dehidrasi yang mengakibatkan tekanan darah turun. Jauh lebih serius adalah syok hipovolemik, komplikasi yang mengancam jiwa akibat dehidrasi. Hal ini terjadi ketika volume darah rendah menyebabkan penurunan mendadak dalam tekanan darah dan penurunan jumlah oksigen untuk memenuhi kebutuhan jaringan tubuh. Jika tidak diatasi, syok hipovolemik yang parah dapat menyebabkan kematian dalam beberapa menit sampai jam.

5. Kehilangan darah
Kehilangan banyak darah dari cedera besar atau pendarahan internal mengurangi jumlah darah dalam tubuh Anda, yang mengarah ke penurunan tekanan darah secara drastis.

6. Infeksi berat (sepsis)
Septikemia dapat terjadi bila infeksi dalam tubuh memasuki aliran darah. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang dapat mengancam jiwa, disebut syok septik.

7. Reaksi alergi parah (anafilaksis)
Anafilaksis adalah reaksi alergi yang parah dan berpotensi mengancam nyawa. Pemicu umum anafilaksis termasuk makanan, obat-obatan tertentu, racun serangga, dan lateks. Anafilaksis dapat menyebabkan masalah pernapasan, gatal-gatal,  tenggorokan bengkak dan penurunan tekanan darah.

8. Kurangnya nutrisi dalam diet
Kurangnya vitamin B-12 dan asam folat dapat menyebabkan anemia, suatu kondisi di mana tubuh tidak memproduksi cukup sel darah merah, menyebabkan tekanan darah rendah.

1 Response to "Kondisi Medis Yang Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Rendah"

dikkid said...

Postingan yg bermanfaat dan sangat mmbantu
download lagu